Backpacking ke Pulau Karimun Jawa

| |

Indonesia adalah wilayah yang mendapat julukan Negeri Seribu Pulau karena memiliki begitu banyak kepulauan-kepulauan indah yang membentang dari timur ke barat. Dan beruntungnya lagi Indonesia berada di Segitiga Terumbu Karang (The Coral Triangle) dengan keistimewaan keanekaragaman hayati laut. Di mana keindahan alam bawah laut Indonesia telah mengundang pejalan local dan asing untuk menikmati baik itu menyelam ataupun sekedar snorkeling.

Akhir pekan lalu saya baru saja melakukan perjalanan ala backpacker bersama komunitas travelers global. Saya tergabung dalam komunitas yang di namakan dengan Travelers For Travelers yaitu suatu komunitas pertemanan yang senang berpetualang dan berkunjung ke suatu wilayah-wilayah baru dan menarik dengan mengedepankan perjalanan low budget. Jika anda ingin bergabung silahkan kunjungi website nya di sini.

Perjalanan yang kami lakukan adalah mengunjungi Pulau Karimun Jawa yang memiliki keindahan akan pantai dan terumbu karangnya. Keberangkatan awal saya lakukan dari Kota Jogjakarta tempat domisili saya tinggal menuju Semarang. Dari Jogjakarta kita bisa naik bis ekonomi ataupun eksekutif menuju Semarang. Jika anda naik bis eksekutif maka anda akan di antar sampi k Kota, tapi jika anda naik bis ekonomi anda akan transit di Magelang untuk tukar bis menuju Semarang dan sampai di Semarang pemberhentian hanya sampai Terminal Tromboyo dan tidak masuk k kota. Perbedaan harga ekonomi dan Eksekutif tidak lebih dari 10 ribu rupiah. Jadi itu pilihan.

Sampai di Semarang saya harus menginap dulu untuk keesokan harinya menuju Pelabuhan jepara yang di tempuh sekitar 2 jam. Menaiki mini bus dengan tariff 11 ribu menuju arah timur dengan suguhan bulat cerahnya matahari pagi berwarna orange. Sampai di terminal Jepara saya dan tim naik becak dengan tariff per becak 10 ribu menuju pelabuhan. Serunya para tukang becaknya balapan. Haha.

blog1Menuju pelabuhan Jepara  kemudian membeli tiket.  Kami naik kapal fery jam 9 pagi kelas ekonomi dengan tariff 28.500  termasuk pajak. Perjalanan yang di tempuh sekitar 6 jam jika air tenang dan 7 jam jika ombak.  Kapal Ferry ini berangkat 2 kali dalam satu minggu dari Jepara.  artinya 2 kali juga dalam seminggu dari Karimun. Namun Ada  jugakapal cepat dengan waktu tempuh 2 jam menuju Karimun dengan starting point di pelabuhan Semarang. dan tarifnya sekitar 100an perorang. jadwal kapal cepat ini menurut informasi sekitar 2 kali dalam sebulan.

Sesampainya di Karimun Jawa, begitu keindahan pantai yang menyambut kami. Pemandangan pantai yang indah dengan jajaran pohon-pohon kelapa yang menjulang seperti telah berbaris rapi sambil melambaikan tangan salam perjumpaan. Kami tiba sekitar pukul 4 sore dan langsung di jemput pihak hotel yang sudah di reservasi sebelumnya. Hotel yang nyaman dan bersih tetapi murah "backpacker gitu loh" nama hotelnya adalah Hotel Duta Karimun dan nama pemilik hotel adalah Pak Iponk (hp : 08122827007) . Tarif menginap adalah 75rb for one night. Rate hotel bisa nambah kl anda juga mesen agar AC di nyalakan dengan tambahan 25rb. Setelah semua backpack masuk ke Kamar masing-masing, sore itu kami sempatkan berkeliling di sekitar pedesaan Karimun dan hunting sunset di dermaga Karimun sambil memancing bersama anak-anak. Adzan berkumandang dan semua tim kembali ke hotel. Di sana kami beristirahat menunggu hingga besok pagi, menanti untuk melakukan petualangan wisata bahari di sekitar Pulau Karimun.

forupload blog2

Pagi harinya sebelum memulai aktifitas, sekitar jam 5 pagi kami berburu sunrise di pelabuahan Karimun tempat kapal ferry parkir. Namun jika kita ingin menemukan tempat berburu sunrise yang indah ada suatu tempat bernama Marina. Suatu tempat yang indah dengan pemandangan langsung pantai dan jajaran pohon-pohon kelapa dan disekitar bibir pantainya dihiasi dengan karang-karang yang menjulang penyejuk ornamen keindahan. Dan tentunya terpaan matahari pagi yang menyiangi luasnya pantai.

Selepas berburu sunrise, semua tim sudah bersiap untuk melakukan penjelajahan pulau dengan menyewa kapal motor yang berkapasitas 30 orang dengan sewa sehari sekitar 900 rb. Adapun pulau pulau yang kami kunjungi untuk di eksplore adalah pulau Cemara Kecil, pulau Menjangan Kecil dan Pulau Menjangan Besar.

Perjalanan menuju Pulau Cemara Kecil ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit. Jadi selama perjalanan, anda bisa sekalian sunbathing di kapal karena matahari pagi baik untuk tubuh. Pulau Cemara Kecil dalah suatu pulau kecil yang indah dengan hamparan pasir putih dan air laut dengan dasar yang rendah sehingga sangat nyaman jika kita ingin berenang di sini. Sekitar satu jam kami berenang dan ber-snorkeling ria di pantai pulau ini. Coral-coral yang indah dengan habitatnya menjadikan saya merasa sangat menikmati pemandangan alam bawah laut yang baru pertama saya lakukan. Dan tentunya mengabadikannya dengan foto-foto indah coral.

DSC01722 P6070181

Dari Pulau Cemara Kecil kami menuju Pulau Menjangan yang tak kalah indahnya. Kapal berhenti agak di tengah laut kemudian membuang jangkar. Sekali lagi kami akan menikmati keindahan bawah laut. Kali ini dasar lautnya dalam sehingga teman-teman yang tidak bisa berenang hanya menunggu di kapal. Saya dengan kamera pocket waterproof langsung terjun tak sabar (dasar anak aer), untuk menikmati keindahan bawah laut. Kali ini coral-coral yang ada lebih indah dan lebih bervariasi. Tampak bangunan-bangunan peradaban kota bawah laut dengan keindahan pancang-pancang karang yang merekahkan bunga-bunga karang berwarna-warni yang tersibukkan oleh keriuhan dan keramaian penduduk kota yang beraneka ragam jenis, warna dan bentuknya. Terlena dan terlamun lama bercengkrama dengan penduduk bawah laut dan peradabannya saya di kagetkan oleh P Hakim sang guide yang menepuk pundakku dan mengajak kembali ke kapal. Saat menengadahkan pandanganku ke langit ternyata hujan lebat melanda. Dan ku tau mengapa P Hakim mengajakku kembali. Wow, Menikmati keindahan alam bawah laut tadi benar-benar membuatku sejenak melupakan langit.

P6070250 P6070254

Hari sudah siang dan semua harus istirahat untuk makan siang. Kami merapat di Pulau Menjangan kecil. Di sana terdapat beberapa resort yang luxury jika ingin tinggal di sana anda harus ngeluarin kocek 320 semalam *mahalllll….. memang tempat yang indah dengan pasir putih dan tempat yang benar-benar strategis, namun kami hanya singgah untuk makan siang. Dan tentunya sambil jeprat-jepret.

Setelah makan siang kami menuju persinggahan tujuan akhir yaitu Pulau Menjangan Besar. Di pulau ini adalah tempat penangkaran ikan hiu dan pelestarian penyu laut. Manariknya di sini kita bisa berenang ria bersama ikan-ikan hiu yang sudah terbiasa berenang dengan manusia. Tapi saran saya jangan berenang dengan hiu-hiu itu saat mereka sedang lapar. Hahaha. Berenang bersama hiu dan menunggangi penyu raksasa adalah pengalaman yang harus anda lakukan jika anda ke sana.

upload1 upload2

Setelah sore, kami semua harus kembali ke hotel. Dan penjelajahan hari ini harus berakhir. Sayang ini adalah hari terakhir kami. Padahal masih banyak tempat yang belum tereksplore di Pulau Karimun yang indah ini. Masih banyak tempat coral-coral yang indah di pulau lain. Keesokan paginya sebelum pulang kami singgah sebentar di suatu tempat yang bernama Marina untuk hunting sunrise. Tempat yang strategis menghadap ke timur dengan karang-karang memancang tinggi dan jejeran pohon kelapa yang tampak indah dengan sinar pantul mentari timur di pagi hari. Begitu menyejukkan. Namun saya g ikut karena kelamaan di toilet saat akan berangkat, jadi di tinggal dah.

"Adalah pengalaman indah yang takan terlupakan dalam hidupku. Dan telah terpahat indah di pikiran ku akan keindahan pulau dan alam bawah lautnya. Suatu saat aku akan kembali ke tempat ini untuk bercengkrama bersama pulau-pulau lainya untuk kembali menikmati keindahan-keindahan mereka. Karimun Jawa… tunggu aku, karena aku akan kembali ^_^"