Travelling ke Pulau Tidung ala backpacker

| |

hi temans,
akhirnya sempat update jugak :) kali ini saya mo bayar utang cerita tentang hasil dari travelling ala backpacker long weekend kemaren, yang 2 hari saya habiskan di Pulau Tidung Kep. Seribu. Get so much fun there, meskipun banyak juga masalah sebelum keberangkatan yang hampir menimbulkan kegagalan rencana keberangkatan :) Mulai dari beban mental seorang Reys untuk proses pencabutan status 'abab' yang membuat dirinya sedikit terbebani ditambah godaan dari seluruh manusia yang pernah(sering) dikecewakan oleh Reys masalah ini, sampai email seorang manajer kepada seorang kuli bernama Ajiex yg hampir menggagalkan keseluruhan rencana. Tapi endingnya… *yippie* kita jadi berangkat ^_^

Sebenernya menurut rencana, kita bakal berangkat hari kamis, 17 Agustus 2006 pkl 05.00. Jadilah saya berangkat ke kantor di hari rabu layaknya orang pindahan persiapan nginep di Bonsir, karena keberangkatan yg pagi banged gak memungkinkan untuk berangkat dari Cipinang. Pulang kerja mampir ke Bonsir, lalu berangkat lagi ke kampus untuk midtest Pengelolaan Proyek Sistem Informasi. Sayangnya, midtest batal dan rencana keberangkatan besok pagi pun ikut batal :(
Aniway, saya mulai saja cerita petualangannya.
Jumat, 18 Agustus 2006 pkl 05.30 WIB start kita berangkat dari Kebon Sirih jalan kaki menuju Halte Busway Bank Indonesia di Thamrin, secara masih pagi tarif busway masih dua ribu ajah gituw.. Kita turun di Halte Citraland, nyambung mikrolet warna merah no 01 jurusan Muara Angke. Hmm… kita kena charge 3500 rupiah sampai dengan selamat di Muara Angke (sekitaran pkl 07.00 WIB). Gilelebo' ntu Muara Angke baunyaa… belom lagi jalannya yang becek² buthek gitu, saya pake sendal jepit pula, jadilah ntu celana jeans kesayangan penuh noda, pokoknya kalo inget ntu jijay bajaj dah…
Lanjut, kita mo nyeberang tapi sebelumnya sempet beli semangka buat oleh-oleh. Naik kapal motor (apalah ntu namanya hehe..) menuju Pulau Tidung. Jangan bayangin macem-macem ya kondisi kapalnya gimana, yang jelas gak ada kursi disana, yang ada hanya tiker dan jadilah wisata bahari kita. Lumayan lama juga dee kita terapung-apung di atas air, sekitar 2,5 jam dan kena charge 20ribu per kepala. Yang jelas saya gak full melek pas di atas kapal, bisa di bilang banyak ilangnya haha… tidur bow, ngiler-ngiler dah :P
Tepat pkl 10.00 WIB, sampai juga di Pulau Tidung nan terpencil tapi indah. Dijemput sama Mbak Ririn selaku host di Pulau ini, kita langsung diboyong ke kontrakannya sambil minum teh dan nyemil donat, tetapi saya… sibuk ngurusin jeans yang ternoda, yak benar saudara-saudara… hal pertama yang saya lakukan disana adalah… "mencuci celana" *baca pake logat doraemon* kesian banged yak :( Aniway, puas beristirahat kita pergi ke mbak Lilik duluw (kakak sepupunya mbak Ririn), heran dee yaa… Reys ntu dapet ajah kenalan sampe sini hehe… dah kayak saudara pula, orangnya pada baik semua ^_^. Secara ntu pas hari Jumat, Ajiex-Reys-Adit harus sholat jumat dulu dan saya balik lagi ke kontrakan mbak Ririn nyiapin lunch buat kita semua. Menurut cerita mbak Ririn, susah banged namanya makan sayur-mayur disini harus nungguin ada yang ngedrop sayuran dari Jakarta dulu, fyuh…

nee view di Tanjungan, dimana kita akhirnya nyeberang ke Pulau Kecil

Balik dari sholat jumat, kita semua makaaann… buat persiapan isi perut sebelum berjalan-jalan mengelilingi pulau. After lunch, bak seorang turis kita mulai petualangan mengelilingi pulau. Sambil berjalan, saya melakukan pengamatan terhadap pulau ini… Hmm.. kondisinya Pulau Tidung ini memanjang dan tidak lebar. Bayangkan saja, ada bangunan sekolah disini yang view dari segala sisinya adalah pantai, yak… depan dan belakang sekolah memang pantai, jadi bisa dibayangkan kan… seberapa lebar pulau ini (fyi, sekolahnya pun gak sebesar sekolah pada umumnya). Kalo kita tinggal disini mobil gak dibutuhkan sama sekali, karena pulau sudah bisa dikelilingi hanya dengan berjalan kaki atau bersepeda saja. Pulau ini 2/3 bagiannya berpenghuni dan terbagi menjadi 2 kampung, Kampung Baru dan Kampung Lama (hihi… ngawur! lupa nama kampungnya :p). Kalau saya jadi anak pantai di pulau ini kira-kira bisa krasan gak yah? no mall, no shop, no FO, no cafe, no resto, no theater hmmppfff… i'll feel so bored here! Tapi kalau hanya sehari dua hari seminggu siy, disini sangat menyenangkan

Pas nyampe di ujung pulau yang biasa disebut Tanjungan, view nya baguss bangedd… disana kita bisa lihat Pulau Tidung Kecil di seberang. Dulunya, Pulau Besar dan Kecil dihubungkan dengan jembatan layang tapi sekarang jembatannya lenyap dan yang ada hanya anjungan sampai separuh perjalanan menuju pulau kecil saja. Menurut Reys, view di pulau kecil lebih bagus dan alami dikarenakan pulaunya yang tak berpenghuni, jadi belum terjamah tangan manusia. Sambil berfoto-ria dan menikmati pemandangan disana, akhirnya kita melihat ada kapal ikan lagi indehoy deket situ dan timbullah ide cemerlang untuk minta tolong di sebrangin ke pulau kecil dan dijemput pas jam 5 nanti, *sippirilli* akhirnyaaa kita bisa mencapai pulau kecil. Memang bener apa yang diomongin Reys, disini lebih terasa alami dan bersih :)
Sebelum kita berkeliling di Pulau Kecil, kita mencari orang pertanian terlebih dahulu. Karena info dari abang² baik dan budiman yang tadi nyebrangin kita ituh, pulangnya mending bareng ma orang pertanian ajah jam 5 ntar. Aniway, di Pulau Tidung ituh banyak menghasilkan kelapa dan memang terbukti banyak hutan kelapa disini, sepanjang perjalanan menuju rumah pertanian yang ada hanya kelapa-kelapa-kelapa. Sampai di rumah pertanian kita ketemu sama ibu Suhairi yang sedang sibuk membuat sapu lidi dan bapak Suhairi yang sedang sibuk menyirami bibit pohon sukun. Hmm… banyak jugak tanaman yang dibibitin disini; ada sukun, jeruk, kelapa, dan jenis pohon lain yang saya gak tau namanya :p
Setelah mengutarakan niat untuk numpang nyeberang nanti sore, kitapun melanjutkan petualangan mengelilingi pulau. Wah, bener-bener dee rasanya seperti pantai jadi milik kita sendiri, karena emang gak ada orang lain selain kita hehe.. (dan orang pertanian tentunya). Setelah puas mandi, bermain air dan berfoto-foto kita balik lagi ke rumah pertanian, bercengkerama dengan Bpk/Ibu Suhairi sambil menunggu waktu pulang. Kita balik pas banged, pas sunset. Jadi kita menikmati sunset diatas perahu, coba kalo sama pujaan hati menikmatinya pasti romantis *wondering* sayangnyaa…. kok barengan Reys-Ajiex-Adit jadi yaa gitu dee :p

Sampai di Pulau Tidung Besar, kita sempet dikasih kelapa hasil pulau kecil sebanyak 4 buah, kita terima aja walaupun bingung jugak kapan dan gimana makannya hihi… Pas maghrib kita nyampe di kontrakannya mbak Ririn sempet kenalan ma suaminya jugak, mandi-sholat dan makaann… habis makan boyongan lagi ke rumah mbak Lilik, persiapan untuk tidur. Maksud hati siy mau menikmati indahnya langit malam penuh bintang di pantai belakang rumah, tapi mata tak mau kompromi, kecapekan sehabis mengelilingi dua pulau rasanya bikin mata makin beradd ajah dan berhubung rombongan turis dari Jakarta ini hanya aku yang cewek, jadi diistimewakan duong, haha… yak aku sendiri yang tidur di dalam kamar dan beralaskan kasur. Aniway, selama disini saya kesulitan ketemu sama sinyal dan akhirnya di dalam kamar di malam ituh saya dapet sinyal *yippie* sambil smsan plus ngerumpi ma Wida (adiknya mbak Lilik.red) lama-lama ketiduran jugak

a little view at Pulau Tidung Kecil

Paginya, setelah sholat dan sarapan kita balik lagi ke kontrakan mbak Ririn untuk mandi dan persiapan kembali ke Jakarta, katanya siy kapal berangkat jam 7an gituw. Sempet jalan-jalan bentar ma Reys menikmati sunrise, kesempatan terakhir menikmati hawa-suasana-pemandangan di Pulau Tidung ini. Dan akhirnya tepat pkl 07.30 sambil berlari-lari kita menuju pelabuhan untuk kembali ke Jakarta. Teteup… molor ajah di kapal hehe… di tengah perjalanan kapal sempet mati mesinnya dan ituh bikin perut mules-mules bow, waktu perjalanan juga jadi molor 3,5 jam gilak! dah deket Muara Angke siap-siap ajah celana jeans diangkat tinggi-tinggi parno bangedd dah… Dan akhirnyaaa kita di Jakarta lagih :( *live in here is so suck*

Aniway, semua dokumentasinya bisa dilihat di sini dan sini, check it and enjoy ^_^